Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

Pembahasan kita sekarang ialah Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?. Definisi Kecantikan itu subyektif dan multi tafsir, sebab dalam diri seseorang terdapat ciri khas tersendiri, yang mana antara satu orang dengan pribadi lainnya ga akan pernah sama atau dengan kata lain cantik itu relatif. Setiap orang punya penilaian sendiri-sendiri akan definisi dari kata cantik.

Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

Secara umum cantik itu terbagi menjadi dua yaitu inner beauty dan outer beauty. Inner beauty bisa diartikan sebagai kecantikan dari hati yang terpancar sebagai cinta pada lingkungan sekitar. Sedangkan outer beauty merupakan kecantikan raga atau jasmani yang tampak pada diri seseorang.

Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

Seorang pelukis populer dan legendaris Leonardo da Vinci pernah mengatakan “Beauty adorn virtue” (kecantikan memuja kebaikan). Kecantikan bakal muncul apabila seseorang berkeinginan memperindah jiwanya. Kecantikan jiwa bakal nampak kalau hati kita damai atau tentram. Tahapan untuk bisa bersikap mau menerima kehadiran saudara-handai taulan apa adanya;

  • dapat berdamai dengan sahabat sekerja di kantor;
  • dapat berdamai dengan siapa saja dan atau orang-orang pada lingkungan yang lebih luas.
  • Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    Anda dapat berlatih untuk menaikan spirit kasih sayang dengan beragam jalan, salah satunya dengan metode creative visualization. Coba bayangkan Anda mengasihi orang-orang sekitar serta menerima cinta dari padanya. Latihlah hal ini tiap hari sampai simpanan cinta berlimpah lalu berikan kepada orang-orang di sekitar lingkungan Anda serta memancar dalam kecantikan pribadi.

    Terpancarnya kekuatan positif berupa inner beauty bakal makin besar bila kita banyak berterima kasih pada Tuhan atas berbagai ragam karunia-Nya yang tak terkira. Ada beberapa usaha buat memancarkan energi positif (inner beauty) ini yaitu :

    1. Cobalah datang kepada Tuhan, meminta ampun atas dosa-dosa yang sudah dikerjakan;
    2. Banyaklah doa semoga Tuhan Yang Maha Besar, sudi memberikan arahan dan bimbingan dalam hidup kita;
    3. Memohonlah supaya Tuhan Yang Maha Penyayang sudi bekerja dan berkarya bersama diri kita;
    4. Ingatlah bahwa tanpa ridho dan kekuatan Tuhan Yang Maha Pemberi, kita ini gak dapat bertindak apa-apa;
    5. Memohonlah kesehatan dan kecantikan Anda selalu terpelihara dengan bagus, niscaya aura kecantikan akan terpancar, dalam atmosfir yang penuh kemauan, optimisme dan berkah baru.

    Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    Keperluan Jadi Cantik

    Keperluan jadi cantik ada tiga model yakni :

    1. Basic Need (Kebutuhan Dasar Manusia)

    Cantik telah menjadi kebutuhan dasar manusia (basic need), gak hanya pada jaman kini tetapi sejak manusia purba pada zaman batu. Kebutuhan itu enggak hanya untuk yang bersangkutan supaya bisa tampak cantik, tetapi juga bagi orang lain dan masyarakat secara umum.

    Sebagai contoh, coba bayangkan waktu Anda melihat sebuah tayangan di salah satu acara TV, dimana pembawa acaranya adalah seorang nenek-nenek tua yang wajahnya peot? Tentunya jadi tak menarik. Oleh sebab itu sebuah stasiun televisi pastilah akan sungguh-sungguh selektif dalam menunjukkan orang-orang yang akan nampak pada beraneka ragam acara yang ditayangkan, sebab bakal amat berimbas kepada rating dan kesuksesan sebuah acara yang ditayangkan.

    Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    2. Usaha Kecantikan

    Secara ekonomi dan bisnis, keperluan akan penampilan cantik itu udah menumbuhkan berbagai macam institusi, perusahaan atau pabrik dengan omset sampai triliunan rupiah. Bagaimana enggak, untuk tampak cantik seseorang perlu peralatan kecantikan, gizi pensupport kecantikan sampai fashion dan lain sebagainya.

    Belum lagi fenomena spa yang saat ini tumbuh di berbagai daerah, yang menyodorkan berbagai servis yang bakal memanjakan dan menggiring pada fantasi estetis mahal, bagi mereka yang berharap kelihatan cantik, dari mulai perawatan wajah, perawatan tubuh, berendam berbagai macam air hangat yang diberikan ramuan, massage hingga bimbingan yoga dan meditasi buat sebuah kata yang disebut “cantik”. Sekiranya fenomena tersebut dinominalkan dan dijumlah akan menunjukkan angka-angka yang bombastis.

    Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    3. Standar Cantik

    Lantas apa dan bagaimana tolak ukur kecantikan itu sendiri? Untuk mendeskripsikan masalah ini boleh jadi kita dapat merujuk kepada beraneka ragam event pemilihan ratu kecantikan, termasuk ajang berkelas dunia Miss Universe, seenggaknya sebagai padanan tolok ukur. Kecantikan yang dinilai ialah kecantikan secara totalitas yang dinamakan Total Beauty. Total beauty itu sendiri disusun atas 2 aspek, yakni Outer beauty (kecantikan luar) serta Inner beauty (kecantikan hati).

    Kecantikan lahiriah (outer beauty) bisa diukur di antaranya dari bertubuh ramping; tinggi semampai; memiliki kulit yang mulus dan sebagainya. Sedang kecantikan hati (inner beauty) bisa dievaluasi antara lain dari :

    • Intelegencia Qoutient (IQ),
    • Emotional Qoutient (EQ),
    • Aura,
    • Spirit estetis,
    • Psikologi massa,
    • dan banyak lagi yang lain.

    Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    BDD (Body Dysmorphic Disorder)

    Orang yang terobsesi untuk jadi cantik secara raga maka dia bakal menderita gangguan penyakit yang dinamakan BDD (Body Dysmorphic Disorder). BDD merupakan satu perilaku yang tak cepat puas terhadap penampilan diri. Sebetulnya mereka engga punya persoalan dengan penampilan wajah atau tubuhnya (body image), cuma karena tidak ingin disebut ketinggalan zama, enggak gaul dan cenderung ikut-ikutan. Mereka melakukan sesuatu buat makin mempercantik atau merombak muka lewat langkah pintas dengan segudang hadiah dan iming-iming diskon.

    Mereka akan melaksanakan apa aja dengan biaya berapa saja untuk memuaskan rasa hatinya itu, baik untuk makin menghaluskan kulit, sedot lemak, operasi plastik, membikin hidung tambah bangir, dagu makin lancip, hingga dada yang makin montok.

    Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    Hal ini ternyata ga cuma monopoli atau berjalan dikalangan seniman dan entertainer papan atas saja, tetapi telah merambah ke perempuan karier, ibu rumah tangga hingga remaja putri belia. Mereka seolah terpasung dalam satu imej dan keinginan menjadi cantik, hingga lupa akan bahaya yang akan mengancam kalau terjadi kegagalan pada pengerjaan perombakan muka itu yang justru bakal merusak kecantikannya itu sendiri.

    Buat membereskan masalah BDD ini ada dua cara yang bisa digunakan yaitu

    Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    a. Pengontrolan Diri (self control)

    Pengaturan diri pada konteks ini lebih pada perbuatan dalam hal konsumsi tatarias. Tanyakan kepada diri sendiri apa sebetulnya yang Anda perlukan bukan yang diinginkan. Ada perbedaan fundamental antara keinginan dan keperluan. Apabila Anda mau kelihatan cantik seperti Madonna maka hal ini sebetulnya hanya keinginan sekejap yang gak berdasar.

    Mungkin diakibatkan oleh sebab Anda terlalu banyak membaca, menonton film atau viode klip karya Madonna. Akan tetapi jikalau Anda akan beli bedak, lipstick atau eyeshadow karena cadangan emang udah habis maka itu merupakan keperluan riil.

    Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?

    b. Cognitive behavior modification

    Cognitive behavior modification merupakan sebuah pendekatan untuk mengurangi standart ideal. Untuk mengartikan hal ini bisa jadi dapat ditunjukkan dengan pepatah Jawa berikut: “Aja dangak” (jangan senantiasa memperhatikan ke atas), sebab sekiranya selalu memperbandingkan situasi diri dengan orang yang tingkatan kecantikannya lebih tinggi maka Anda akan senantiasa merasa kurang.

    Tapi bandingkan juga dengan mereka yang ada di level bawah, maka Anda akan merasa berterima kasih atas berkah kecantikan pemberian-Nya itu. Cobalah untuk menerima dan mengharmoniskan dengan keadaan diri sendiri apa adanya. Tampilah penuh percaya diri (PD) dengan segala potensi diri yang dimiliki sehingga sanggup nampak menjadi pribadi positif yang selalu menebarkan pesona alami.

    Demikian info berkaitan dengan Apa Saja Sih Ukuran Kecantikan Dalam Kontes Kecantikan?, kami harap artikel kali ini berguna untuk Anda. Mohon artikel ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

    Referensi:

    Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

    loading...

    Leave a Reply

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.